BAHAYA ROKOK BAGI ORANG-ORANG SEKITAR ANDA (PEROKOK PASIF)

Rokok elektrik mini, solusi pengganti rokok konvensional

Sudah bukan rahasia lagi jika merokok memiliki banyak dampak negatif baik dari segi kesehatan dan ekonomi. Rokok tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan penghisapnya, tetapi bahaya rokok juga dapat mengenai orang-orang yang ikut menghisap asap rokok dari orang yang merokok atau disebut sebagai perokok pasif.  Bahkan bahaya yang mengintai perokok pasif lebih besar dari perokok asli atau perokok aktif. Jika sedang berada di rumah, maka perokok pasifnya adalah keluarga kita baik pasangan, anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, ataupun orang tua. Jika ditempat bekerja maka perokok pasifnya adalah teman-teman seperjuangan kita. Tidakkah kita kasihan melihat mereka yang tidak merokok tetapi mendapatkan bahaya pula? Adapun beberapa bahaya yang dapat timbulkan kepada perokok pasif adalah :

  1. Penyakit Kardiovaskular

Perokok pasif yang terpapar asap rokok memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung. Paparan asap rokok juga akan memperparah kondisi hipertensi.

  1. Kanker 

Selain perokok aktif, kanker juga bisa mengintai perokok pasif. Paparan asap rokok yang dihisap oleh perokok pasif bahkan 30 persen lebih beresiko menyebabkan kanker paru-paru, kanker payudara, kanker leukimia, dan lain-lain.

  1. Dampak Bagi Anak-Anak

Anak-anak adalah kalangan yang paling rentan terkena asap rokok, hal ini dikarenakan organ mereka masih dalam tahap perkembangan. Banyak sekali masalah kesehatan jika anak terkena paparan asap rokok seperti : batuk kronis, paru-paru yang tidak berkembang dengan sempurna, infeksi saluran pernafasan, pilek yang tidak kunjung sembuh disertai bersin-bersin, memperburuk gejala asma seperti mengi dan sesak nafas serta jika keadaan sudah sangat parah dapat menyebabkan tumor pada otak.

  1. Dampak pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang terkena paparan asap rokok bisa berpotensi melahirkan bayi prematur dan melahirkan bayi yang beratnya rendah. Hal ini disebabkan zat racun pada rokok dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Bayi yang lahir pun bisa mengalami kecacatan organ tubuh akibat tidak sempurnanya perkembangan pada masa janin.

Yuk sayangi lingkungan anda dengan berhenti merokok. Jadikan hidup lebih sehat dan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *