Cara Menentukan Aki Mobil yang Cocok

ilustrasi

Cara Menentukan Aki Mobil yang Cocok mungkin memang sedikit sulit, dan artikel ini berguna bagi kalian yang sedang merasakannya. Karena, aki adalah salah satu komponen mobil yang penting dan aki yang berkualitas pasti dapat memperpanjang usia sebuah mobil.

Pertama, Kenapa Aki bisa rusak?

Telat Mengisi Air Tangki

Jika sel-sel aki tidak terendam air, proses arus listriknya tidak akan maksimal dan cepat rusak, karena fungsi air aki adalah penghantar arus listrik tersebut.

V-belt Bermasalah

Walaupun alternator tidak bermasalah, aki tetap akan cepat rusak ketika tingkat ketegangan V-belt nya tidak tepat. Hal itu karena arus listrik yang disalurkan tidak akan stabil.

Alternator Lemah

Bila alternator telah aus sampai menyebabkan listrik yang dihasilkan tidak stabil dan tidak segera diganti, maka akan berdampak pada aki. Karena itu, harus benar-benar teliti dalam merawat aki mobil.

Lalu, Bagaimana Cara Menentukannya?

Ada beberapa Cara Menentukan Aki Mobil yang Cocok untuk kalian semua, diantaranya adalah,

Carilah bengkel atau tempat yang Terpercaya.

Tentu saja hal ini adalah hal utama, karena ditempat yang percaya mereka pasti akan menjual aki yang cocok, juga akan merekomendasikan apa yang dibutuhkan mobil kalian. Apalagi mengingat banyaknya bengkel atau tempat yang melakukan bisnis nakal yang malah dapat merusak mobil.

Ingin kredit mobil? Yuk cek simulasi kredit mobil Honda

Tentukanlah Aki yang Cocok dengan Tipe mobil.

Cara selanjutnya tentu kalian harus mencari aki yang cocok dan pas untuk type mobil kalian. Jika bingung, bisa dengan menanyakan ke bengkel yang kalian kunjungi.

Memilih Antara Aki kering atau Aki basah.

Cara menentukan Aki Mobil yang Cocok adalah memilih jenis aki. Aki kering cocok untuk yang memiliki kesibukan yang tinggi, karena tidak perlu perawatan yang rutin. Sedangkan aki basah biasanya harus dicek tiap dua bulan. Walaupun begitu, tetap saja keawetan aki mobil itu tergantung sang pemilik. Jika kalian sudah memilih aki yang cocok tapi ternyata cepat rusak, itu berarti ada kesalahan dalam penggunaannya. Jadi, sudah tahu kan bagaimana Cara Menentukan Aki Mobil yang Cocok untuk mobil yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *