Ingin Meredakan Depresi Ringan? Coba Mandi Air Hangat

December 4, 2020

Mandi air hangat tidak hanya membuat anda jadi rileks. Namun, ada manfaat lain yang bisa anda dapatkan yang berkaitan dengan kesehatan mental. 

Sebuah riset yang terbaru telah membuktikan, dengan mandi air hangat dua kali seminggu bisa membantu anda untuk meringankan gejala depresi ringan. Tentu dari manfaat ini dianggap lebih tinggi dibanding dengan olahraga fisik. 

Dibandingkan mengalami stress, depresi adalah suatu kondisi yang lebih parah. Seseorang akan merasakan sedih berkepanjangan, seperti kosong, serta tidak ingin melakukan apa-apa. Hal-hal di atas bisa dikatakan sebagai gejala umum dari munculnya depresi. 

Dengan berolahraga, selama ini telah dipercaya banyak orang untuk mengurangi depresi. Lalu, ada juga yang melakukan meditasi, mencoba berbagai hal baru, serta berkonsultasi dengan psikiater. 

Lewat penelitiannya, depresi yang dialami seseorang dengan skala sedang tentu bisa dikurangi dengan mandi air hangat. Penelitian ini dilakukan oleh 45 orang yang berlangsung selama 8 minggu. Para responden itu diminta untuk berendam di dalam air dengan suhu 40 derajad celcius selama 30 menit dalam waktu 2 kali seminggu. 

Pakai Pemanas Air Tenaga Surya Untuk Mandi Lebih Berkualitas

Untuk perbandingannya, para responden itu juga diminta untuk melakukan aerobik secara intensif dalam 2 sesi selama 45 sampai 50 menit. 

Dari hasil penelitiannya itu, maka dihasilkan para peserta yang mandi air hangat secara teratur lebih meningkat secara signifikan dalam skor depresinya. Mereka berhasil mengurangi skor depresinya hampir 6 poin. Para peneliti ini menyebut, bahwa dengan mandi air hangat menjadi sebuah metode yang tepat, murah, serta mudah bagi mereka yang sulit untuk berolahraga.

Dengan mandi air hangat, bisa mengubah ritme sirkadian dalam tubuh anda. Hasil riset itu juga memberikan bukti, bahwa suhu dari inti tubuh ini akan meningkat di malam hari. Sementara, kualitas tidur yang paling baik ketika suhu tubuh sedang turun. Adanya perubahan suhu ini yang bisa meningkatkan kualitas anda ketika tidur. Adanya gangguan tidur ini menjadi mekanisme terpenting yang membuat anda menjadi depresi. Nah, tentu dengan mandi air hangat ini, pastinya sangat efektif untuk mengurangi depresi ringan pada diri anda.  Kunjungi https://pemanasairindonesia.com